Peluncuran Misi Aurora

Monday, 19 February, 2007 at 2:48 PM Leave a comment

 
Aurora
Roket Delta diluncurkan

Misi badan angkasa luar Amerika, NASA, meneliti aurora atau Cahaya Utara diluncurkan di Tanjung Canaveral, Florida setelah sempat tertunda karena masalah angin.

Misi Themis bertujuan mendapatkan pengetahuan baru tentang warna warni di langit dengan menggunakan lima pesawat penjelajah. Para ilmuwan terutama ingin memahami penyebab terangnya cahaya yang muncul tiba tiba tersebut. Roket yang membawa peralatan penyelidik tersebut diluncurkan pukul 18.00 waktu setempat.

Kekuatan dalam jumlah

Aurora berasal dari awan besar partikel yang berasal dari matahari.

Ketika didorong lapangan magnit bumi ke lapisan atas atmosfir, benda tersebut berbenturan dengan molekul gas yang kemudian mengeluarkan cahaya ketika sudah tidak bergolak lagi.

Cahaya hijau ini menjadi semakin terang, kemudian terpecah menjadi sejumlah garis bergerak dan warnaya menjadi merah, ungu dan putih.

Peristiwa ini disebut badai aurora. Salah satu tujuan misi Themis adalah untuk mengetahui penyebabnya. Themis adalah singkatan dari Sejarah Waktu Peristiwa dan Interaksi Skala Makro Selama Badai.

“Badai bermula pada suatu titik tunggal di angkasa luar dan melewati bulan dalam beberapa menit, sehingga satu buah satelit saja tidak akan dapat mengetahui asal badai,” kata Vassilis Angelopoulos, peneliti utama Themis di Universitas California, Berkeley.

Angkasa luar dan bumi

Tiga kejadian di ujung lapangan magnit bumi dikaitkan dengan kemunculan badai, yaitu pergolakan, letusan aurora dan pertemuan magnit kembali.

Para ilmuwan berbeda pandangan tentang urutan kejadian tersebut.

Aurora
Pemicu aurora tidak diketahui

“Pesawat angkasa luar pertama akan mengidentifikasi kemunculan badai, saat pergolakan pertamakali terjadi di lapangan maknit bumi. Pesawat lain akan digunakan untuk menentukan kecepatan pergolakan menyebar ke bagian lain,” kata ilmuwan Themis, Dr David Sibeck.

Misi ini memerlukan empat pesawat untuk menuntaskan tugasnya. Pesawat ke lima berfungsi sebagai cadangan pemberi data tambahan.

Satelit akan memetakan benua Amerika Utara secara magnetik setiap empat hari, sekitar 15 jam setiap kalinya.

Dua puluh stasiun di Alaska dan Kanada secara bersamaan akan mencatat aliran aurora dan angkasa luar dari bumi dengan menggunakan kamera dan magnetometer langit otomatis.

Tim penyelidik

Misi ini lebih rumit daripada hanya memahami cahaya indah di langit.

Saat kegiatan matahari meningkat, rangkaian sepuluh atau lebih badai dapat terjadi secara berturut turut dengan cepat.

Aurora
Themis akan memetakan Amerika Utara

“Ketika sejumlah aurora ini muncul, terjadi gangguan listrik dan komunikasi satelit. Jadi sangat penting dapat meramalkan terjadinya peristiwa ini,” kata ilmuwan Dr Tai Phan.

Lima pesawat tersebut akan menggabungkan diri pada orbit penjelajah matahari-bumi lainnya. Empat dari misi Kelompok badan angkasa luar eropa, ESA, dan dua buah dari misi Dua Bintang badan angkasa luar Cina yang bekerjasama dengan ESA.

Seluruh kegiatan pesawat angkasa luar ini saling mengisi. Beberapa badan penelitian Eropa akan ikut serta secara aktif dalam misi Themis.

“Pertamakalinya dalam sejarah fisika angkasa luar terdapat begitu banyak satelit ilmu pengetahuan yang beroperasi pada saat yang sama,” kata ilmuwan ESA, Phillipe Escoubet, yang terlibat dalam misi Dua Bintang dan Kelompok.

“Hal ini memberikan kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengkaji keadaan magnetosfir matahari bumi dan proses fisika yang terjadi.”

Sumber: BBC Indonesia

Entry filed under: Info-Berita. Tags: .

Kelemahan Virus AIDS Berhasil Terdeteksi Az-Zindani Temukan Obat Anti Virus HIV

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

February 2007
S M T W T F S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728  

Statistik

  • 40,052 hits

Galeri Photo

Can't sleep..

Kesian.. Korban kedua.. Itu burung nabrak kaca hotel JW.Maerot medan..

Perintis kemerdekaan, medan.. lt.1929 JW.M

DSC_0545-608481879

DSC_05431183489326

More Photos

%d bloggers like this: